Cara Mengaktifkan dan Menggunakan NFC di iPhone

cara mengaktifkan dan menggunakan nfc di iphone

Seperti ponsel kelas atas pada umumnya, maka perangkat iPhone juga memberikan dukungan untuk Near Field Communication (NFC) guna menunjang berbagai aktivitas penggunaannya. Bahkan cara mengaktifkan NFC di iPhone juga tergolong mudah.

NFC merupakan protokol untuk komunikasi jarak dekat. Pemakaian fitur tadi membuat kalian bisa melakukan banyak transaksi seperti mengecek ataupun top-up saldo di kartu e-money sampai dengan membuat pintasan otomatis menggunakan aplikasi Shortcuts.

Perlu dipahami di sini cara menggunakan NFC iPhone sangatlah berbeda dengan ponsel Android. Kalian tidak menemukan pengaturan khusus guna mengaktifkan ataupun menonaktifkan dukungan tadi secara manual.

Sejarah Penggunaan NFC

NFC pertama kali digunakan tahun 2009 untuk layanan transportasi yakni China Unicorn serta Yucheng Transportation Card yang berguna untuk jalur bus dan trem.

Tidak berselang lama menjelang 2010 akhir, kartu transportasi NFC kemudian diterapkan oleh China Unicorn pada jaringan metronya.

Ponsel pertama yang mempunyai NFC adalah Nokia 6131 untuk selanjutnya NFC kemudian diterapkan ke ponsel dengan basis Android. Kemudian Samsung Nexus S tahun 2010 diproduksi memakai NFC.

Seiring berjalannya waktu banyak pengguna smartphone yang memerlukan NFC. Sehingga Apple juga kemudian membuat platform dompet digital bernama Apple Pay. Apple pertama kali menerapkan fitur ini ke seri iPhone 6 dan terus berlanjut ke seri terbarunya.

Cara Mengaktifkan NFC di iPhone

Sebelumnya pastikan iPhone ada fitur NFC didalamnya. Cara untuk bisa mengaktifkan NFC ini tergolong mudah dan berikut ini adalah langkah-langkah yang bisa kalian ketahui.

  1. Masuk ke pengaturan di perangkat
  2. Pilih "Control Center"
  3. Selanjutnya scroll layar sampai ke bawah sehingga menemukan "NFC Tag Reader"
  4. Tambahkan ikon NFC Tag Reader ke Control Center.
  5. Kemudian secara otomatis maka NFC aktif

Selain mempraktekan cara yang ada di atas maka kalian pengguna iPhone dapat memakai NFC dengan memakai App Clip. Caranya cukup mudah tinggal unduh saja di App Store nantinya ketika akan melakukan transaksi maka bisa langsung membuka aplikasi tersebut dan pilih NFC untuk metode pembelajaran.

Cara Menggunakan NFC di iPhone

Setelah mengetahui bagaimana cara mengaktifkannya maka berikut adalah cara untuk menggunakannya. Penggunaan NFC sangatlah sederhana dan mudah, cukup mendekatkan iPhone kamu ke perangkat yang mendukung NFC lainnya.

  1. Apabila kamu menggunakan iPhone XR atau model yang lebih baru, cukup mengangkat iPhone kamu untuk mengaktifkan layar, dan Pembacaan Tag Latar Belakang akan otomatis diaktifkan.
  2. Jika kamu menggunakan iPhone 7, 8, atau X, kamu dapat mengikuti langkah-langkah yang sama untuk mengaktifkan Pembaca Tag NFC.
  3. Setelahnya, dekatkan iPhone kamu ke tag atau perangkat NFC yang ingin kamu baca.
  4. Ketika kamu melakukan hal ini, pemberitahuan akan muncul di layar iPhone kamu yang menandakan bahwa item NFC telah berhasil terdeteksi.
  5. Terakhir, cukup ketuk notifikasi tersebut untuk melanjutkan.

Akan tetapi masing-masing aplikasi memiliki tampilan interface yang berbeda. Pastikan kalian menyesuaikan beberapa langkah agar pengecekan ataupun isi ulang dari kartu tadi berhasil.

Memang tidak semua smartphone menyematkan NFC akan tetapi untuk iPhone sudah mulai disematkan di iPhone 6 dan versi terbarunya. Untuk memanfaatkannya juga harus upgrade ke sistem iOS terbaru.

Akhir Kata

Jadi itulah cara mengaktifkan NFC di iPhone dan menggunakannya. Untuk kalian yang sering menggunakan e-money atau transaksi online lainnya, tentu saja dengan hadirnya fitur tersebut akan sangat memudahkan dan membuat semuanya menjadi lebih praktis.

Posting Komentar untuk "Cara Mengaktifkan dan Menggunakan NFC di iPhone"