Kalibrasi Baterai iPhone: Tujuan dan Caranya

kalibrasi baterai iphone tujuan dan caranya

Seiring penggunaannya, performa baterai smartphone bahkan iPhone sekalipun dapat mengalami penurunan. Jika merasa kinerja baterai mulai terganggu, kamu bisa melakukan kalibrasi baterai iPhone.

Pada dasarnya, kalibrasi adalah mengondisikan ulang baterai seperti halnya melakukan restart smartphone. Ini bisa dilakukan untuk memulihkan performa baterai terutama stabilitas daya baterai. Biar lebih paham, yuk simak penjelasan selengkapnya berikut ini.

Tujuan Kalibrasi Baterai iPhone

Apple menyatakan bahwa kinerja baterainya setiap tahun akan mengalami penurunan 5-10%. Apalagi untuk smartphone dengan intensitas penggunaan yang sangat tinggi atau justru jarang dipakai. Nah, ketika menemukan indikasi baterai yang kinerjanya bermasalah, kamu bisa mencoba kalibrasi ulang.

Berdasarkan pusat bantuan Apple, tujuan kalibrasi baterai iPhone untuk mengembalikan kapasitas maksimum yang sebenarnya dan kemampuan kinerja baterai yang stabil. Setelah kalibrasi ulang, status baterai iPhone menjadi segar kembali.

Kalibrasi baterai bisa memperbaiki tampilan presentase baterai meter yang tidak akurat, persentase baterai akan kembali lebih akurat dalam menampilkan sisa daya baterai. Sering kali pengguna tertipu karena persentase baterai yang salah, misalnya baterai 80% yang langsung turun 30% meski hanya dipakai beberapa menit.

Kalibrasi ulang juga menjadi salah satu cara yang bisa dilakukan untuk merawat kesehatan baterai. Namun, hal yang perlu diingat adalah kalibrasi ini tidak berpengaruh pada cepat atau lambatnya baterai habis. Hemat borosnya baterai iPhone tergantung dari cara penggunaan smartphone tersebut.

Kapan Sebaiknya Melakukan Kalibrasi Baterai?

Kalibrasi baterai pada smartphone, baik iPhone maupun Android tidak ada ketentuan berapa hari, minggu, bulan atau bahkan tahun. Kalibrasi baterai dilakukan jika dibutuhkan saja.

Kamu bisa mencoba kalibrasi baterai iPhone jika muncul tanda-tanda baterai bermasalah. berikut tanda-tandanya.

1. Status persentase baterai tidak akurat

Persentase baterai bermanfaat bagi pengguna untuk mengetahui sisa daya baterai. Namun, terkadang persentase baterai smartphone error seperti baterai yang berkurang sangat cepat atau malah persentase yang naik turun.

2. iPhone tiba-tiba mati

Smartphone yang tiba-tiba mati padahal kapasitas baterai seharusnya masih kuat untuk beberapa jam termasuk permasalahan yang sering dialami pengguna. iPhone yang tiba-tiba mati seperti ini kemungkinan mengalami masalah pada baterai.

3. Baterai lama terisi

Memang perlu beberapa waktu untuk mengisi daya baterai. Namun, apabila baterai membutuhkan waktu yang lebih lama dari biasanya bisa jadi tanda-tanda ada sesuatu yang bermasalah pada iPhone kamu. Perlu dicek apakah charger atau baterai yang error.

Baca juga artikel terkait lainnya: Cara Mematikan Daya iPhone

Cara Kalibrasi Ulang Baterai iPhone

Sebelum melakukan kalibrasi, sebaiknya nonaktifkan beberapa fitur smartphone seperti GPS, penyegaran latar belakang, kurangi kecerahan layar, dan update otomatis.

Kemudian, ikut cara kalibrasi baterai iPhone dengan langkah-langkah berikut:

  1. Pastikan baterai dalam keadaan kosong
  2. Silakan gunakan sisa baterai untuk aktivitas apa saja hingga baterai habis dan iPhone mati dengan sendirinya. Tunggu 2-3 jam untuk memastikan semua listrik di dalam ponsel benar-benar habis.

  3. Isi daya baterai hingga penuh
  4. Langkah selanjutnya adalah melakukan pengisian daya hingga 100%. Teruskan pengisian daya baterai yang sudah full hingga kurang lebih dua jam. Pastikan juga charger yang kamu gunakan itu original.

  5. Habiskan kembali baterai iPhone
  6. Saatnya untuk menghabiskan kembali baterai ponsel hingga iPhone mati secara otomatis. Diamkan ponsel kurang lebih tiga jam dan jangan sekali-kali mencoba untuk menghidupkan iPhone.

  7. Isi kembali baterai ponsel hingga penuh
  8. Ulangi langkah 2 yaitu mengisi daya baterai hingga 100% dan diamkan selama 2 jam tanpa mencabut kabel charger. Juga jangan menghidupkan iPhone selama durasi tersebut.

  9. Lepaskan charger dan aktifkan iPhone
  10. Silakan lepas charger dan mengaktifkan iPhone kamu sebagaimana biasanya.

  11. Selesai
  12. Kalibrasi selesai dan kamu bisa mengaktifkan kembali fitur-fitur iPhone yang sebelumnya dimatikan.

Apabila cara kalibrasi baterai di atas tidak berhasil atau tidak berpengaruh apa-apa, mungkin baterai iPhone kamu sudah drop. Sebaiknya datang ke service center apple terdekat untuk dicek kondisi baterai dan iPhone kamu.

Tutorial di atas dirujuk dari website aRepair.id

Apakah Kalibrasi Baterai iPhone Aman?

Kalibrasi baterai iPhone sebenarnya bukanlah proses yang umumnya direkomendasikan oleh Apple atau produsen lainnya. Baterai iPhone menggunakan teknologi lithium-ion atau lithium-polymer, dan Apple telah merancang perangkat lunak iOS untuk mengelola baterai dengan baik tanpa perlu kalibrasi manual.

Kalibrasi manual biasanya tidak diperlukan dan dapat berpotensi merusak baterai jika tidak dilakukan dengan benar. Melakukan kalibrasi baterai secara tidak tepat atau berlebihan dapat bahkan merusak baterai dan perangkat kamu. Sebaiknya kamu mengikuti panduan resmi Apple untuk memaksimalkan umur baterai iPhone kamu.

Akhir Kata

Itulah beberapa informasi mengenai tujuan dan langkah-langkah cara melakukan kalibrasi baterai iPhone. Pastikan juga kamu melakukan pengisian daya baterai iPhone dengan benar agar baterai lebih awet.

Posting Komentar untuk "Kalibrasi Baterai iPhone: Tujuan dan Caranya"